Tuesday, October 18, 2011

Rizaldy dan Kuliah di Jerman part 2

Suatu hari pas reunian SMA,

A : “Lo kuliah di mana?“

B : “Gue sih di universitas negeri yang di Depok.”

Wuidih…! *tepuk tangan*

A : “Kalo lo?“

C : “Agak keluar dikit lah, di Bandung.“

Wuiih…! *tepuk tangan*

A : “Lo dimana bro?“

D : “Lumayan jauh sih, di Jogja.”

Keren…! *tepuk tangan*

Sampailah pertanyaan itu ke seorang lelaki yang sedang menikmati liburan musim panas nya di Jakarta.

A : “Kalo lo boy?“

E : “Jauh sih, diluar pulau jawa.“

A : “Palembang?“

E : “Bukan.“

A : “Kalimantan?“ Sambil garuk-garuk ketek.

E : “Bukan juga.“

A : “Buset, bukan juga. Ah, gue tau…! Australi ya?”

E : “Di mana tuh?” Belagak bego.

A : “A’elah jawab aja sih dimana, sok misteri-misteri segala lo.“ Mulai kesel.

E : “Hehe di Jerman.“ *nyengir*

Wuidiiiiii……hhhh!!! *tepuk tangan lebih kenceng dari sebelumnya*. Kampus lain pada lewat dah!

Kuliah di luar negeri emang 'seolah' bisa ngebuat si mahasiswa mendadak tenar. Temen SMA yang dulu gak pernah nyapa mendadak minta account YM buat chatting-an. Para guru SMA yang dulu gak pernah 'kebagian jatah' ngajar si mahasiswa itu mendadak jadi akrab ama si mahasiswa sewaktu si mahasiswa lagi main-main ke SMA nya. Para adik kelas jadi lebih respect begitu tau kalo si mahasiswa itu sedang menempuh pendidikan di jantung Eropa.

Keren banget ya kayaknya hehehe…

Entah kenapa, para mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah atau bahkan sedang berkuliah di luar negeri dipandang (terutama) oleh temen-temennya sebagai anak yang pintar, cerdas dan jenius parah. Secara finansial, para mahasiswa perantauan juga dianggap selalu berasal dari golongan berada, apalagi yang biayanya pake modal sendiri tanpa beasiswa apapun, tajir bo‘.

Lo kira gampang kuliah di luar hehehe… *senyum sinis*.

Sekarang gue sedang berusaha untuk menempuh pendidikan program bachelor dengan bidang studi Wirtschaftsinformatik (business computing). Gue sedikit mau sharing soal apa-apa aja yang gue alamin dan amatin selama gue kuliah di Jerman.

Flashback tiga tahun lalu di saat gue memutuskan dan diijinkan buat kuliah di Jerman. Lulus SMA, saat temen-temen satu angkatan yang lain udah pada keterima di kampus idamannya masing-masing (ada juga beberapa yang masih berjuang sih), perjuangan gue justru baru dimulai. Gue mengikuti kursus bahasa Jerman selama lebih kurang lima bulan untuk persiapan Aufnahmepruefung (tes masuk Studienkolleg/Preparatory college).

Banyak yang beranggapan kalo belajar bahasa Jerman itu susah. Susah kenapa? Ya, susah aja. Bahasa Jerman jarang 'gentayangan' di Indonesia, lagi-lagi bahasa Inggris. Bahasa Inggris nongol di film-film yang bagus-bagus, nyelip di majalah-majalah, ampe jadi bahasa utama para bule yang berkunjung ke Indonesia (mau dari Jerman kek, mau dari Turki kek, mau dari Nigeria kek, mau bapak-bapak kek, mau kakek-kakek kek, pokoknya bahasa Inggris everywhere).

Ooh, jadi masalahnya karena 'gak biasa' toh?

Ya, emang logis sih. Coba bayangin, anak-anak kecil di Jerman kenapa pada fasih bahasa Jermannya? Karena udah kebiasaan. Emak bapaknya ngomong pake bahasa Jerman, lingkungan kiri kanan cuap-cuap pake bahasa Jerman, di sekolah guru dan temen sepermainannya ngemeng pake bahasa Jerman juga. Ooo, pantesan lancar car car…

Sedikit tips buat temen-temen yang mau belajar bahasa baru yang belum pernah kalian pelajari sebelumnya, mau lah membuka diri dan pikiran kalian untuk nerima ilmu baru, bahasa baru. Cari motivasi yang bener-bener kuat banget, kenapa lo mau belajar bahasa asing itu, mau kuliah di luar, supaya ngerti orang-orang bule di film ngomong apa, supaya bisa kenalan ama artis boyband luar yang lagi konser di Indonesia, apapun. Cari alasan yang kuat, bukan karena sekedar ikut-ikutan temen atau pacar supaya bisa bareng-bareng lagi satu kelas.

Lanjut ceritanya, pertama kali gue menginjakkan kaki di dinginnya Jerman tanggal 29 Januari 2009, suhu sekitar minus tiga derajat karena waktu itu emang lagi musim dingin. Seneng? Pastinya. Biasalah, euphoria pertama kali ke luar negeri, pasti excited banget. Di mana-mana putih semua, salju coy…! Benda putih dingin yang dulu cuma bisa gue liat di tipi, sekarang ada di genggaman tangan gue.

Brrrr,,,dingin cuy…


Berasa norak kayak anak kecil, gue dan temen-temen main lempar-lemparan salju. Alhasil, semua pada menggigil hahaha. Coba aja lo masukin bunga es ke dalam baju lo, tempelin tuh bunga es ke badan lo, itulah rasanya salju.

Euphoria itu harus bisa gue 'selesaikan' dalam waktu singkat. Soalnya pada tanggal 2 Februari 2009 (alhamdulillah gue lulus tes masuk Studienkolleg sejak dari Indonesia, aman…) gue udah harus memasuki masa pra-kuliah.

Yap, Studienkolleg…!

Studienkolleg itu semacam SMA (lagi?). Kenapa bisa dibilang SMA (lagi?), karena sebagian pelajaran yang diajarkan (lagi) adalah pelajaran-pelajaran SMA. Selain itu, pendidikan dasar di Jerman itu ditempuh dalam waktu tiga belas tahun, gak kayak di Indonesia yang hanya dua belas tahun. Berdasarkan alasan itulah, maka bagi para calon mahasiswa dari negara manapun yang pendidikan dasarnya hanya selama dua belas tahun, wajib mengikuti Studienkolleg untuk penyetaraan sebelum bisa melanjutkan ke tingkat universitas. Secara garis besar, ada empat tipe Kurs (kelas) di Studienkolleg :

M-Kurs.  

Kurs ini diikuti oleh calon mahasiswa kedokteran. Kurs ini (lebih kurang) mempelajari bahasa Jerman, kimia, biologi, fisika, matematika.  

T-Kurs

Kurs ini diikuti oleh calon mahasiswa bidang teknik. Kurs ini (lebih kurang) mempelajari bahasa Jerman, matematika, fisika (elektro dan mekanik), kimia, informatik, bahasa Inggris.  

W-Kurs

Kurs ini diikuti oleh calon mahasiswa bidang ekonomi. Kurs ini (lebih kurang) mempelajari bahasa Jerman, matematika (termasuk matematika ekonomi), ekonomi (makro dan mikro), informatik, bahasa Inggris.  

G-Kurs

Kurs ini diikuti oleh calon mahasiswa bidang literatur atau bahasa. Kurs ini (lebih kurang) mempelajari bahasa Jerman, literatur, sejarah, bahasa Inggris, ilmu sosial.

    Kalo lancar, pendidikan di Studienkolleg bisa ditempuh dalam waktu satu tahun (dua semester). Batas maksimal sampe dua tahun. Kalo udah dua tahun tapi masih gak lulus juga, dengan sangat terpaksa calon mahasiswa itu harus terima konsekuensi negatifnya. Ada yang bilang kalo dia masih boleh ngulang lagi tapi di Studienkolleg yang berbeda, ada juga yang bilang dia langsung diongkosin pulang balik alias deportasi.



    Masa-masa di Studienkolleg bisa dibilang sebagai masa-masa terindah selama menempuh pendidikan di Jerman, karena temen-temen lo juga sama-sama masih belajar bahasa Jerman (gak malu-malu buat ngomong salah-salah juga), banyak guru yang masih ngomong pelan-pelan supaya lo bisa denger dengan baik, dan banyak lainnya.

    Sama kayak SMA, di akhir Studienkolleg ada ujian akhirnya juga, biasa disebut Feststellungspruefung (FSP). Nah, nilai FSP itu lah yang bakal dipake buat 'ngelamar' mata kuliah di kampus yang lo mau seantero Jerman.

    Akhirnya kuliah juga…! Gue baru mulai, temen-temen seangkatan gue udah pada semester atas huhuhu…

    Begitu lo berhasil masuk di salah satu universitas negeri di Jerman, bersiaplah untuk merasakan 'sensasi' yang berbeda. Kiri kanan lo orang Jerman semua (persentase orang asingnya kecil banget), para dosen mengajar dengan kilatnya gak peduli lo ngerti bahasanya apa nggak.



    Masih ada lagi beberapa faktor yang mungkin bisa membangkitkan rasa malas lo. Cuaca dingin. Yap, cuaca dingin bisa dibilang sebagai salah satu 'musuh' utama. Jerman bukanlah negara tropis yang melulu anget. Hampir sepanjang tahun, Jerman bercuaca dingin. Di musim semi, gugur, apalagi dingin, walaupun matahari bersinar dengan cerahnya, seolah gak memberikan efek apapun kalo angin udah bertiup. Jaket harus selalu dipake kalo gak mau masuk angin. Mataharinya menipu nih…

    Musim panas? Sedikit lebih baik (dan lebih panas pastinya). Di musim inilah biasanya orang-orang pada berjemur kayak ikan asin, ngegeletak dimana aja, yang penting anget kena sinar matahari. Walaupun kadang-kadang di musim ini, juga 'disusupi' angin yang mendadak buat badan menggigil (lagi).

    'Musuh' berikutnya adalah no absen. Kuliah di Jerman berasa gak ada yang ngontrol. Gak kayak sistem perkuliahan di Indonesia yang masih ada absennya, sistem perkuliahan di Jerman seolah mempersilahkan kita buat milih “Lo mau dateng kuliah atau gak, terserah, urusan elu, yang penting lo ikut ujian dan lulus.“

    Kalo mental dan kemauan kita buat bener-bener kuliah gak kuat, udah pasti kita bakal 'tergilas' sistem ini abis-abisan. Apalagi dengan adanya 'musuh' ketiga, yaitu shopping, shopping and shopping. Buat para shopaholic, Berlin menawarkan beberapa pusat perbelanjaan yang dipastikan bisa ngebuat mata jadi 'laper'. Jalan-jalan keliling Berlin, foto-foto buat di-upload di facebook, update foursquare (I’m at bla bla bla), nge-tweet “Aaaaa…sumpah, Zara lagi diskon!!”, excited abeess…

    Tapi bukan berarti lo gak boleh nikmatin hidup di Jerman kok. Pinter-pinter bagi waktu aja. Kalo waktunya kuliah fokus kuliah, kalo waktunya istirahat dan seneng-seneng ya juga fokus.

    Lho, kok seneng-seneng juga fokus?

    Iya dong, fokus itu artinya memusatkan perhatian ke sesuatu. Yok kita sedikit berlogika. Lo sekarang lagi belajar atau kuliah nih, tapi di saat bersamaan lo mikirin serunya kalo jalan-jalan ke mall. Pikiran lo nerawang ke ademnya ac mall, baju-baju bermerek di toko-toko (apalagi yang ada embel-embel “diskon”nya), serunya nongkrong ngegaul ama temen-temen, ketawa ngegila bareng. Akhirnya lo ditegur guru karena cengengesan sendirian dipojokan, tau deh kesambet setan apaan.

    Apa yang lo dapet? Gak ada kan. Pelajaran gak dapet karena lo ngelamun aje seharian, mall juga gak dapet karena itu cuma ada dipikiran lo.

    Istirahat juga fokus. Nih logika sederhananya, besok lo bakal ngadepin ujian dan lo juga udah persiapan dari beberapa hari yang lalu, tapi tetep aja masih takut buat besok “Duh, bisa gak ya? Bisa gak ya?” Karena terlalu mikirin ujian, lo susah tidur, kemaleman. Akibatnya lo besok ngerasa masih lemes dan butuh tidur lagi. Berarti istirahat lo gak nampol dong, karena gak bener-bener fokus buat istirahat.

    So, kira-kira itulah sedikit gambaran buat temen-temen yang memutuskan mau kuliah di luar negeri, terutama di Jerman. Coba dari sekarang jangan mikir yang enak-enaknya doang kalo kuliah di luar negeri. Kuliah di luar negeri gak melulu diisi sama hal-hal surga duniawi diatas, tapi inget lagi apa tujuan lo buat kuliah di luar negeri. Lo mau jadi apa setelah lulus dan dapet titel dari salah satu universitas yang (bakal) lo masukin ?  

    Coba bayangin lagi betapa kerasnya perjuangan orang tua buat ngelepas anaknya.  Pengorbanan orang tua gak cuma sekedar masuk kantor jam 08.00 pulang jam 16.00, tapi juga pengorbanan hati karena harus jauh dari anaknya. Lo pikir orang tua lo gak sedih ngelepasin anak tersayangnya ke luar negeri hanya karena mereka terlihat tegar di depan anak-anaknya? Bayangin betapa bangganya orang tua lo nanti ketika dapet kabar kalo anaknya menjadi sarjana, bayangin betapa besarnya pahala yang juga lo (insyaallah) terima karena pada saat bersamaan membuat mereka bahagia, bayangin betapa indahnya masa depan lo nanti ketika impian itu menjadi kenyataan, bayangin betapa leganya lo nanti ketika berhasil balik ke Indonesia dengan predikat B.Sc, B.A, M.Sc, atau malah sampe PhD.



    Semua itu bisa kita lakuin kok, selama kita emang bener-bener niat dan mau buat ngejalanin. Tapi kalo cuma sebatas niat doang sih nenek-nenek salto juga bisa, buktinya dong! Terus usaha, lebih berusaha dan usaha lagi. Belajar, belajar dan belajar. Kembangkan juga bakat apa yang lo punya selama lo berada di luar, siapa tau bermanfaat dan bisa jadi salah satu 'andalan' lo ntar. Jangan lupa juga salah satu resep jitu kelancaran segala urusan, berdoa. Minta sama Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang untuk melancarkan segala urusan. Minta supaya senantiasa diberikan kekuatan buat ngejalani segala macam halang rintang. Minta juga supaya semua usaha itu diberkahi oleh-Nya, supaya kehidupan jadi lebih bermakna.

    Gak ada yang bilang kuliah di luar negeri itu gampang, tapi gak ada juga yang bilang kalo kuliah di luar negeri itu gak mungkin dijalani.

    Euphoria di luar negeri boleh-boleh aja, wajar malah, tapi pas udah waktunya lo harus balik ke realita (baca kuliah), ya lo kuliah. Ada kok masa-masanya kita bisa seneng-seneng di sela-sela perkuliahan. Capek juga kalee kuliah mulu…

    Think wisely guys…!



    Semoga bisa bermanfaat.

    12 comments:

    nyken herlyna said...

    nice post! so inspired :)

    Rizaldy Dewan Damara said...

    thank you very much! :)

    . said...

    wih si kaka udah semester berapa sekarang?

    Rizaldy Dewan Damara said...

    semester 3

    Anonymous said...

    hallo,

    aku jg mau masuk wirtschaftsinformatik nih, hehehe
    yg aku tau wirtschaftsinformatik yg pasti bljr informatik ama ekonomi, tp kalo di indo itu kayak jurusan apa ya namanya?

    Rizaldy Dewan Damara said...

    hmmm, pertanyaan bagus. apa ya? kayaknya mirip-mirip kayak manajemen informatika kali ya. hahaha, kurang yakin sih, tapi mungkin jurusan itu.

    Unknown said...

    Kaaa gue jua lagi di jerman skrg, gue masih stk semester 1 di stk tu darmstadt, dan bentar lg gue bakal ujian kenaikan semester, gue takut bgt ka, gue suka berfikiran gue nyesel kesini, bahasanya susah, gue sering bgt mikir pengen pulang aja, tp org tua gue kesian, sorry ka jadi curhat, tp gue lg memotivasi diri gue sendiri dengan baca2 blog org2 yg kuliah di jerman, baru 4 bulan di jerman aja gue udh begini ka, gue ga ngerti lg ama hidup gue kalo gue stk masih begini2 aja :'(

    Rizaldy Dewan Damara said...

    hei sarah... ayo semangat, semangat...! sebelumnya coba deh lo ingat lagi, kenapa lo mau kuliah di jerman? kalo karena kemauan sendiri, maka selamat ya...! syarat pertama sudah terpenuhi dengan sukses. karena emang, pendidikan yang kita pilih atas kemauan kita sendiri itu lebih baik dan bakal lebih worth it dan nyaman ngejalaninnya (gue gak bilang gampang lho ya! cuma seru aja kalopun kita harus bener2 struggling ama hal yang kita suka). egal ob di jerman atau di indonesia, pendidikan punya rintangannya masing-masing.

    lo punya temen di darmstadt? seru tuh kalo punya temen, dengan syarat temennya variatif ya. temen indo ada (buat main bareng, curhat, melepas kangen karena jauh dari indo) dan temen bule juga ada (buat belajar bahasa jerman terutama). ngumpul aja ama mereka, ngobrol2, sharing2 apa aja termasuk pelajaran.

    emang gak ada yang bilang pendidikan di jerman itu gampil, tapi gak ada yang bilang juga pendidikan di jerman itu gak mungkin ditaklukkan. pasti akan selalu ada pencerahan di titik tergelap sekalipun.

    oiya, karena lo udah berani curhat ama gue (aseeeek,,, makasih ya :D), lo juga harus berani ya curhat ama Tuhan. percaya deh (gue ngalamin sendiri), banyak banget bantuan Tuhan yang langsung nyelametin kita dari kerasnya kehidupan (terutama) di jerman.

    tetap semangat, kumpul n sharing bareng teman2 + Tuhan, minta dukungan n semangat dari ortu, ama satu lagi, perbanyak berbuat baik (amal).

    gak cuma lo kok yang ngalamin hal ini di jerman. yang nulis ini juga ngalamin hal serupa. cuma bedanya, penulisnya ngejalanin ini nih sekitar 3-4 tahun yang lalu. pelan-pelan aja, pasti bisa...! :D(y)

    Unknown said...
    This comment has been removed by the author.
    Unknown said...

    Hm.. Sprtinya saya mendapat motivasi baru untuk nnti ikutan berjuang d jerman (skrg bru sma klas 3, 4 bulan lg lulus). Yaitu, sharing pnglman d blog spt kakak... Hehehe.., saya mau tnya 1 hal ni kak.. Mnurut kakak.. Pas awal" rencana mau studi ke jerman, presentase kakak untuk sukses sendiri, kira" brp persen?.. :), saya agak sdkit takut nnti nggk lulus test studkol, kra" motivasi kkak untuk saya apa ya? :'/, oh ya saya ngincer studkolnya ntr d jerman, pinggir" gpp asal masuk, dan jurusan saya nnti Industrial design, kira" ada nggk ya.., maaf bnyk tnya, tp sya mhon bantuannya terina kasih :D, sukses.. Sukses.. Suksess... Suksessasssssss!! Kak! :DD

    Anonymous said...

    Hi! Just found your blog post :) anyway, I'm planning to study in Germany at TU Darmstadt. Ak udh lulus sma di Philippines (mereka hs nya 4 tahun doang) sama ngambil kuliah tapi gak selese haha XD (total 5 semester +pindah2 jurusan) kira2 masih butuh ngambil yg setahun Studienkolleg gak ya? thankyou in advance :)

    Unknown said...

    Kak, boleh tanya2 gak kak tentang kuliahnya? Saya lagi persiapan mau kuliah di sana... kalo jurusan wirtschaftsinformatik itu yg dipelajari apa aja kak? Gabungan informatik sama wirschafts apa gimana? Saya lagi bingung milih jurusan soalnya antara informatik, wirschafts atau ngga wirtschaftsinformatik.. trus prospeknya lulusan WI itu bisa jadi apa aja kak? Sama kalo mau kerja di deutschland banyak dibutuhin di sana dan gampang dapet kerjanya ga kak? Sama mau tanya lagi bedanya uni sama fh apa kak? Bedanya cuma pas lagi kuliahnya doang? Ke kerjaan ngaruh ga kak lulusan uni atau fh?? Makasih kak.. maaf ya banyak nanya hehee

    Post a Comment