Sunday, October 30, 2011

Rizaldy dan Winterzeit

Die Winterzeit kommt schon!! (artinya: Waktu Musim Dingin telah tiba).

Mulai hari ini, tanggal 30 Oktober 2011 dari jam 03.00 CET di negara-negara belahan utara, termasuk Jerman, memasuki Waktu Musim Dingin, kalo bahasa Jermannya Winterzeit (baca: winter cait). Walaupun gitu, Jerman belum memasuki musim dingin lho, masih musim gugur. Cuma waktunya aja yang bandel udah nyolong start duluan.

Waktu Musim Dingin berlangsung selama (lebih kurang) lima bulan, dari hari minggu terakhir bulan oktober ampe hari minggu terakhir bulan maret.

Ngomong-ngomong, apa sih itu Winterzeit?

Winterzeit adalah waktu yang digunakan oleh negara-negara saat mendekati musim dingin. Waktu dimundurin tepat satu jam. Gampangnya gini, kalo tanggal 29 Oktober kemaren selisih waktu antara Jerman dan Indonesia sekitar lima jam (misal di Jerman jam 12.00 CET berarti di Indonesia udah jam 17.00 WIB), mulai tanggal 30 Oktober ini selisih waktunya nambah jadi enam jam (misal di Jerman jam 12.00 CET, di Indonesia udah jam 18.00 WIB).

Winterzeit sendiri mulai dipake tahun 1916. Tapi pemakaiannya sempat berhenti pas ada Perang Dunia Kedua (tahun berapa hayooo? Yak, sekitar tahun 1939-1945).  Untuk memudahkan penggunaan waktu saat itu, maka penggunaan dua jenis waktu (Waktu Musim Panas dan Waktu Musim Dingin) tidak diberlakukan. Jadi cuma waktu standar aja yang dipake, yaitu Waktu Musim Dingin.

Setelah peperangan berhenti, baru deh penggunaan Waktu Musim Panas dan Waktu Musim Dingin diberlakukan kembali sekitar tahun 1977.

Kenapa bisa muncul pemikiran ini ya?

Usut punya usut, gue menemukan dua alasan kenapa diberlakukan dua jenis waktu ini.

Yang pertama, dimulainya lagi penggunaan dua jenis waktu ini tahun 1970an adalah sebagai bentuk reaksi atas krisis minyak waktu itu. Dengan menggunakan lebih banyak sinar matahari di musim panas, maka penggunaan energi akan berkurang.

Yang kedua (ini pemikiran ngasal gue), dari unsur psikologis manusia itu sendiri. Contoh, kalo Waktu Musim Panas tetap berlaku di musim dingin, artinya matahari baru akan keliatan terbit sekitar jam 9 pagi. So, jam 8 pagi pun hari masih keliatan gelap. Kasian yang punya aktivitas di pagi hari dong, udah harus bangun pas gelap-gelapan. Masih ngantuk dong coy…! Makanya waktu dimundurin satu jam, supaya bisa ada sinkronisasi (asik bahasa gue) antara suasana di muka bumi ama orang itu sendiri.

Oke, secara resmi hari ini selisih waktu antara Jerman – Indonesia naik jadi enam jam. Mulai jam 03.00 CET dini hari tadi waktu udah mundur satu jam, artinya satu hari ini di Jerman jadi 25 jam bukan 24 jam, dan artinya tadi gue tidur lebih lama satu jam. Lumayan hehehe…

0 comments:

Post a Comment